Relawan ACT-MRI Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 26 Desember 2019

Relawan ACT-MRI Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Deli Serdang -Tepat pukul 08.30, Kamis (26/12/2019) beberapa relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara sudah mulai berkumpul di Taman Air Percut. Taman yang merupakan Wahana Bermain Keluarga dengan konsep Agro Wisata ini, dibuka sangat pagi sekali. Dikarenakan, MRI Sumatera Utara sedang melaksanakan kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana disana.

Ada sekitar 32 orang relawan, sudah standby dipinggir kolam sejak pagi, 5 diantaranya merupakan karyawan (petugas) penjaga kolam Taman Air Percut (TAP). Sengaja penjaga kolam TAP diikut sertakan oleh ACT, bertujuan untuk saling berbagi ilmu dan skil dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk daerah yang memiliki beberapa kolam seperti di TAP ini.

TAP sendiri saat ini memilki belasan kolam baik kolam bermain wahana air maupun kolam ikan dan lainnya. Taman yang berada di Jalan Tanjung Selamat Palo Gelombang, merupakan wahana yang sangat diminati oleh keluarga yang ingin berekreasi menikmati wisata agro, ditambah TAP memiliki belasan kolam. Untuk itulah kenapa  ACT-MRI Sumut memilih tempat ini sebagai lokasi Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana.

Ketua MRI Sumut Ali Sahniur mengatakan kegiatan ini di buat oleh DMll pusat untuk meningkatkan skil relawan ACT-MRI SUMUT.

"Diharapkan kegiatan ini mampu menjadi penolong diri sendiri dan masyarakat dan berharap diimplementasikan ke masyarakat umum," ujarnya pada wartawan.

Kegiatan ini dimulai dengan Apel terlebih dahulu, Kacab ACT Sumut Fadhli Septavianra menyempatkan diri berhadir dilokasi TAP ini, beliau pun memberikan arahan dan menyemangati para relawan MRI Sumut, untuk tetap konsisten dalam kerelawanan serta selalu tanggap dan siaga dalam kebencanaan.

Ketika pelatihan, para relawan memang tampak bersungguh-sungguh dalam menjalankan berbagai materi pelatihan yang dipandu oleh tim DM11 ACT Pusat. Salah seorang instuktur dari DM11 ACT Pusat, Lukman Solahuddin mengatakan saat ini Indonesia sedang menghadapi musim hujan dan musim pancaroba yang mana cuaca sangat ekstrim, baik hujan, petir dan angin hal ini bisa berpotensi untuk banjir baik banjir genangan  ataupun banjir bandang.

"Untuk itu kami saat ini memiliki program menyiagakan seluruh relawan dari Sabang sampai Merauke, seluruh Nusantara dengan cara mengadakan apel siaga dan pelatihan-pelatihan penguatan di Water Rescue. Dan semua materi yang dipaparkan adalah standard dasar penyelamatan," jelas Lukman.

Lukman berharap semua relawan bersiap siaga menghadapi ancaman bencana geometeorology yang diprediksi di bulan ini.

Ayo bangkitkan ekonomi ummat, langganan beras di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar