Sinergitas Eksekutif dan Legislatif dalam Pembangunan Medan - Harian Amanah Medan

Breaking

Senin, 23 Desember 2019

Sinergitas Eksekutif dan Legislatif dalam Pembangunan Medan

Medan- Rencana kerja DPRD Kota Medan Tahun 2020 ini merupakan agenda penting dan strategis, terutama dalam rangka membangun dialog pembangunan kota khususnya antara legislatif dengan eksekutif guna lebih menyelaraskan arah kebijakan dan program prioritas kota demi mewujudkan pembangunan kota yang lebih optimal.

“Untuk itu melalui rapat ini, saya ingin kembali mengajak kita semua, seluruh pemangku kepentingan kota agar terus meningkatkan komitmen membangun Kota Medan menjadi lebih baik lagi,’’ kata Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM ketika menghadiri Rapat Paripurna Rencana Kerja DPRD Medan di Gedung DPRD, Jalan Kapten Maulana Lubis, Senin (23/12).

Diungkapkan Sekda, seluruh pihak harus menyadari bahwa masih banyak masalah dan tantangan pembangunan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Berbagai persoalan baik di bidang infrastruktur maupun pelayanan publik menuntut seluruh pihak untuk lebih berkomitmen dan meningkatkan sinergitas untuk mewujudkannya, apalagi hal tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak dan kesejahteraan masyarakat.

‘’Saya yakin, pembangunan kota berjalan optimal jika seluruh stakeholder terus bergandengan tangan, menjabarkan dan melaksanakan visi dan misi pembangunan kota yang telah ditetapkan bersama. Kita juga harus yakin, bahwa Kota Medan sesungguhnya memiliki sumber daya pembangunan yang dapat dikembangkan secara luas, tentunya melalui kerja keras, keikhlasan dan kemitraan yang kokoh,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, dihadapan anggota DPRD yang hadir, Sekda menekankan dengan visi bersama, legislatif dan eksekutif mampu mewujudkan tujuan-tujuan besar masyarakat dalam pembangunan. “Tanggungjawab besar menanti kita semua terutama dalam rangka meningkatkan taraf hidup sosial ekonomi masyarakat yang semakin baik. Dengan begitu akan terwujud Kota Medan sebagai kota modern yang berdaya saing,’’bilangnya.

Namun, dalam pelaksanaannya, Sekda berharap unsur terkait dapat mempedomani lima fokus kerja Presiden yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan birokrasi serta transformasi ekonomi.

‘’Untuk mencapai hal tersebut, kita tidak bisa lagi berjalan sendir-sendiri. Ego lembaga harus diruntuhkan, sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama-sama. Kolaborasi dan sinergi antar lembaga harus ditingkatkan. Oleh karenanya, saya berharap kemitraan eksekutif-legislatif, kebersamaan serta partisipasi yang luas dari seluruh pemangku kepentingan kota harus terus kita optimalkan,’’ harapnya.

Rapat paripurna DPRD dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE. Dalam rapat tersebut, Rajuddin Sagala selaku Wakil Ketua DPRD Medan menyampaikan hasil rapat rencana kerja DPRD Medan yang telah disepakati bersama di Hotel Niagara, Parapat beberapa waktu lalu. Setelah hasil rapat disampaikan, seluruh anggota dewan yang hadir menyepakatinya. Selanjutnya rapat kerja itu diputuskan untuk menjadi pedoman bagi anggota dewan dalam melaksana tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar