Cepat Tanggap Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Pemprov Sumut Bentuk Satuan Tugas - Harian Amanah Medan

Breaking

Senin, 16 Maret 2020

Cepat Tanggap Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Pemprov Sumut Bentuk Satuan Tugas

Medan- Saat ini kita sudah tak boleh main main lagi untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) pun dibawah arahan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan rapat untuk membahas upaya pencegahan dan membentuk satuan gugus tugas.

"Sampai hari ini, Sumut menurut keterangan tim medis belum ada yang positif  terkena virus Corona. Namun ada dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat diruang isolasi RS Adam Malik, dan satu orang lagi sedang dalam perjalanan menuju RS Adam Malik. Paling lambat besok sore hasil laboratorium bisa diketahui apakah mereka positif atau negatif, namun untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan akan dibentuk satuan gugus tugas nanti akan segera kita bentuk, yang akan diketuai oleh Kepala BPBD Sumut yang bekerjasama dengan TNI dan Polri,"ujar Gubsu Edy saat memimpin rapat di lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Senin (16/3).

Karena telah ada tiga orang pasien berstatus PDP, Gubsu pun mengatakan bahwa saat ini Sumut  memberlakukan status Siaga COVID-19 atau corona.

"Untuk menentukan status ini kita tidak boleh gegabah, kita harus pelajari terlebih dahulu, apakah sudah menggangu kesehatan, pendidikan, keamanan, ekonomi dan hukum yang ada di Sumut, oleh karena itu kita harus menyusun rencana kontijensi dan rencana aksi, kita akan siapkan dana tak terduga dari BPBD Sumut yang bersisa 18 Miliar dari total 30 Miliar yang dianggarkan, 12 Miliar nya sudah dialokasikan untuk korban bencana longsor dan banjir bandang Labura, Tapanuli Tengah dan Mandailing Natal, bila itu kurang kita akan kita anggarkan di P-APBD, karena nyawa orang adalah penting dari apapun, saya tidak akan menghitung hitung dana yang akan habis untuk menyelamatkan rakyat,"tambah Edy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar