Ini 7 Manfaat Bagi yang Gemar Bersedekah - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 28 Maret 2020

Ini 7 Manfaat Bagi yang Gemar Bersedekah


Imam Muhammad Bin Abu Bakar mengulas agak panjang tentang hal-hal yang berkaitan dengan sedekah. 

Imam Muhammad Bin Abu Bakar memaparkan bahwa setidaknya ada tujuh manfaat sedekah yang diberikan oleh Allah Swt. untuk umat-Nya, yaitu:

Pertama, menolak berbagai bencana. Harta yang kita sedekahkan, sebelum sampai kepada orang yang diberi atau meminta, ia langsung menjadi taming bagi kita dari berbagai masalah atau cobaan.

Dalam hal ini, Rasulullah Saw. bersabda,

ان الصدقة لتدفع سبعين بابا من البلاء

Sesungguhnya sedekah akan mencegah turunnya 70 bencana.

Artinya, sebab sedekah, misalkan pada amal masjid di pinggir jalan, Allah Swt. menjauhkan kita dari kecelakaan, ban kempes, motor mogok, dan lain sebagainya. Belum lagi kesehatan yang diberikan oleh Allah Swt. Jangan-jangan kita sehat dikarenakan ada sedekah yang maqbul.

Kedua, sedekah dapat menjadi obat dari seluruh penyakit. Dalam artian, kita tetap pergi ke rumah sakit untuk mencari perantara kesembuhan, tapi tetap jangan lupakan sedekah. Niatkan sedekah yang dikeluarkan sebagai salah satu usaha untuk berobat.

Dalam hal ini, Rasulullah Saw. bersabda,

داووا مرضاكم بالصدقة

Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.

Berobat dengan sedekah yang lumrah dilakukan adalah di pedesaan. Biasanya saat salah satu anggota keluarga sakit, mereka mengadakan doa bersama dengan mengundang tetangga dekat. Ada suguhan atau hidangan yang diniatkan untuk kesembuhan keluarga. Atau ada yang langsung ngasih uang kepada anak yatim dan minta doa darinya.

Ketiga, sedekah menjaga harta yang kita miliki. Orang yang dermawan, ia akan terhindar dari aksi pencurian. Mengapa bisa seperti itu? Karena orang yang dermawan pasti dicintai oleh tetangganya. Lebih-lebih tetangga dekat. Mereka akan ikut tidak terima apabali orang yang dermawan diganggu. Mereka akan ikut serta menjaga rumahnya walau tidak diminta.

Artinya, harta yang disedekahkan akan menggerakkan hati orang lain untuk menjaga harta pemiliknya. Rasulullah Saw. bersabda,

  حصنوا اموالكم بالصدقة

Bentengilah harta-harta kalian dengan sedekah.

Keempat, sedekah dapat meredam amarah Allah Swt. Artinya, sedekah yang kita keluarkan akan menghindarkan kita dari murka Allah Swt. Karena memang di sebagian harta kita, terkandung hak orang lain. Jika kita tidak mengeluarkannya, maka tentu Allah Swt. akan murka.

Rasulullah Saw. bersabda,

الصدقة تطفئ غضب الرب

Sedekah dapat memadamkan murka Allah Swt.

Kelima, sedekah menjadi jalinan kasih sayang antar sesama. Dengan bersedekah, kita akan dicintai orang lain. Dengan sedekah, orang lain tidak akan memiliki rasa hasud pada kita.

Rasulullah Saw. bersabda,

 الصدقة هدية تهادوا تحابوا

Sedekah termasuk hadiah. Maka saling berbagilah kalian (hadiah), niscaya kalian akan saling cinta.

Keenam, sedekah dapat melunakkan hati yang beku. Hati yang gelisah, akan tenang dengan sedekah. Jiwa yang gerah akan sejuk perantara sedekah. Sedekah dapat mencairkan kebekuan hati. Memperbanyak sedekah berarti memperbaiki hati kita.

Rasulullah Saw. bersabda,

من وجد في قلبه قساوة فلينشر الصدقة

Barangsiapa hatinya mulai membatu, maka perbanyaklah sedekah.

Ketujuh, sedekah dapat menambah umur. Dalam artian sedekah akan memanjangkan umur kita. Baik panjang dari segi kuantitas umur, atau secara kualitas hidup kita. Dengan sedekah, hidup akan tambah berkah.

Rasulullah Saw. bersabda,

الصدقة ترد البلاء وتزيد في العمر

Sedekah dapat menolak bala’ dan menambah (keberkahan) umur.

Mari ringankan tangan untuk berbagi dan tuluskan niat untuk bersedekah. Semoga kita termasuk golongan mukhlishin. Amin. Wallahua’lam.

Sumber : Bincang Syariah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar