Kelompok Usia Ini Bisa Jadi Mempercepat Penyebaran Corona - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 21 Maret 2020

Kelompok Usia Ini Bisa Jadi Mempercepat Penyebaran Corona

Jakarta- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, memang kelompok usia muda lebih tahan terhadap penyebaran virus Corona daripada kelompok usia tua.

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa usia muda juga dapat terpapar Corona, bahkan tidak memiliki gejala.

"Data yang kita miliki dan data yang dimiliki secara global, memang pada kelompok usia muda lebih memiliki daya tahan yang lebih baik dari yang usia lanjut. Namun, harus dipastikan bahwa bukan berarti yang kelompok muda ini tidak bisa terkena. Bisa kena dan tanpa gejala," kata Yurianto dalam konferensi pers di akun Youtube BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Dengan tak adanya gejala, kata Yurianto, justru menjadi faktor cepat penyebaran virus Corona. Sebab, dengan tak ada gejala membuat seseorang mengabaikan isolasi diri.

"Kalau kena usia rawan ini menjadi masalah. Kalau masih muda, perhatikan kita bisa jadi sumber penyebaran. Patuhi imbauan pemerintah, untuk banyak di rumah. Ini penting buat pencegahan," katanya.
Ia pun kembali mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga jarak saat kontak sosial dan hindari kerumunan.
Untuk masyarakat yang masih bekerja, ia mengingatkan, untuk menerapkan social distancing atau serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang lain
"Pastikan kalau tak perlu keluar dari rumah tak perlu keluar dari rumah," katanya.

Sumber: Sahijab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar