RS Pirngadi Tidak Termasuk, Ini Daftar RS Rujukan Penanganan Corona di Sumut - Harian Amanah Medan

Breaking

Senin, 02 Maret 2020

RS Pirngadi Tidak Termasuk, Ini Daftar RS Rujukan Penanganan Corona di Sumut

Medan- Dua orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, pada Senin (2/3/2020). Patogen penyebab penyakit COVID-19 ini diidap seorang ibu berusia 64 tahun di Depok dan putrinya yang berusia 31 tahun, usai kontak dengan seorang warga negara Jepang.

"Orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indo (Indonesia) langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertemu ke siapa, bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (2/3).

Kini, keduanya disebut tengah menjalani perawatan medis di bangsal isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, sebagai salah satu rumah sakit rujukan bagi penanganan pasien novel coronavirus. Jokowi memastikan penanganan rumah sakit untuk virus corona telah sesuai standar.

"Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional. Kita juga miliki reagen yang cukup," lanjut Jokowi.

Seluruh rumah sakit rujukan juga dilibatkan dalam penanganan wabah sebelumnya, seperti flu burung, flu babi, dan MERS. 

Berdasarkan Pedoman Penyakit Infeksi Emerging (PIE) yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI pada 7 Januari 2020, berikut daftar rumah sakit rujukan di Sumatera Utara yang ditunjuk khusus oleh pemerintah untuk menangani kasus novel coronavirus di Indonesia.

Daftar RS Rujukan
di Sumatra Utara
RSU H. Adam Malik Medan
RSU Kabanjahe
RSU Pematang Siantar
RSU Tarutung
RSU Padang Sidempuan
Sumber : kumparan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar