Sarankan Pemerintah Lakukan Lockdown, Ini 6 Rekomendasi Partai Demokrat - Harian Amanah Medan

Breaking

Jumat, 20 Maret 2020

Sarankan Pemerintah Lakukan Lockdown, Ini 6 Rekomendasi Partai Demokrat

 
Jakarta-Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, turut menyoroti kondisi bangsa yang saat ini tengah memprihatinkan, di tengah ancaman virus Corona. Lantaran itu, Partai Demokrat menyampaikan enam rekomendasi kepada Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Dengan semangat “di masa krisis kita harus bersatu dan bergandengan tangan”, kami ingin berkontribusi & menjadi bagian dari solusi," ujar AHY, sapaan akrabnya, melalui twitternya, Jumat (20/3/2020).


Pertama, adalah merekomendasikan pemerintah melakukan lockdown dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi Corona, sampai dianggap aman untuk dibuka kembali.

"Dengan begitu maka diharapkan bisa  meminimalisi menyebarnya virus Corona. Lockdown pasti akan berdampak pada ekonomi, tapi keselamatan manusia dan masyarakat adalah yang pertama dan utama," kata AHY.

Kedua, kata AHY, melakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi. Kebutuhan melakukan rapid test secara masif untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus, semakin mendesak, "Kami juga memandang perlunya perbaikan akurasi serta transparansi data dan informasi terkait peta penyebaran Corona, agar masyarakat lebih waspada dan kebijakan penanganannya lebih cepat dan tepat," ujarnya.

Ketiga yakni melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang
diperlukan dalam operasi penanggulangan virus Corona, utamanya fasilitas kesehatan. Realokasi utamanya dari sektor-sektor yang bisa ditunda, khususnya untuk meningkatkan kapasitas fasilitas dan tenaga kesehatan.


"Saat ini, langkah-langkah itu memang sebaiknya diarahkan di perkotaan karena tingkat kerentanan dan kepadatan penduduk yang tinggi. Tetapi, daerah juga harus dipersiapkan karena fasilitas di daerah cenderung masih terbatas. Jangan sampai kita terkejut dan terlambat," ujarnya.


Rekomendasi keempat, yakni memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang sangat terpuruk dalam krisis ini. Kepada kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis Corona ini, menurut AHY, perlu diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya.


"Tujuannya untuk menjaga tingkat daya beli masyarakat, khususnya yang terkategori miskin dan tidak mampu (the bottom forty)," ujarnya.


Kelima, pemerintah perlu merumuskan dan menjalankan kebijakan serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini. Keenam pemerintah perlu melakukan kerja sama dengan negara lain, di antaranya untuk
pengadaan alat kesehatan, khususnya test ki. Diharpkan agar dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa ditemukan dan diproduksi vaksin anti-virus Corona.

"Karena ancaman Corona ini bersifat  borderless, kami mendorong pemerintah untuk berkolaborasi  dengan negara-negara ASEAN dan kawasan Pasifik lainnya yang sudah berhasil mengatasi Covid-19, untuk saling mendukung dan memberikan bantuan," ujarnya. (vvn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar