Terkait ASN Bisa Kerja di Rumah, Warsid: Pelayanan untuk Masyarakat Kapan dan Di Mana Saja - Harian Amanah Medan

Breaking

Minggu, 15 Maret 2020

Terkait ASN Bisa Kerja di Rumah, Warsid: Pelayanan untuk Masyarakat Kapan dan Di Mana Saja

Pekanbaru - Sudah saatnya di era digital revolusi industri 4.0 dalam rangka pelayanan cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat, Aparatur Sipil Negara sebagai aparatur Pemerintah sudah dapat memulai menerapkan penyelesaian pekerjaan yang dilaksanakan di mana saja maupun kapan saja.

"PNS bisa menyelesaikan tugas pekerjaan dari rumah contohnya tidak harus pergi ke kantor. Karena ada pekerjaan-pekerjaan yang dapat dikerjakan demikian seperti pekerjaan adminstrasi yang tidak harus berhubungn dengan manusia," ujar Fungsional Auditor Kepegawaian Madya BKN Pekanbaru, Drs H Warsid M.Si, Senin (16/3/2020). 

Hal itu disampaikannya terkait seruan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar ASN bisa bekerja di rumah selama menyebarnya virus corona atau covid-19.

Warsid menuturkan apabila sistem kerja tersebut dilaksakan secara efektif banyak anggaran yang dapat dihemat seperti listrik, air, dan telepon. "Tidak harus disiapkan ruangan yang luas termasuk mengurangi kemacetan di Jalan raya dan dapat menghemat bahan bakar," ujar Warsid.

Meski demikian, Warsid juga menyebutkan bahwa ada beberapa pekerjaan yang memang harus lansung bersentuhan dengan orang lain seperti pelayanan kesehatn, sopir, pengaman tentu ini tidak bisa dilakukan secara digital jarak jauh.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengungkapkan, aparatur sipil negara (ASN) atau PNS diperbolehkan bekerja dari rumah untuk sementara.

"Seluruh pimpinan kementerian dan lembaga dan ASN selalu mengikuti arahan Bapak Presiden dan mengikuti setiap pernyataan Juru Bicara resmi pemerintah, untuk mencegah penyebaran Covid-19. ASN dibolehkan bekerja dari rumah," ujar Tjahjo melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Ahad (15/3/2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar