Wabah Corona, Gubsu: Jangan Tinggalkan Masjid! - Harian Amanah Medan

Breaking

Minggu, 15 Maret 2020

Wabah Corona, Gubsu: Jangan Tinggalkan Masjid!

Medan- Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta masyarakat tidak panik menghadapi wabah corona. Meski begitu, Edy meminta warga khususnya umat Islam tak meninggalkan masjid.

"Khusus beragama Islam jangan meninggalkan masjid, karena takut corona. Siapkan alas untuk tempat kita bersujud. Dengan sajadah yang kecil juga boleh yang besar juga boleh, bawa sapu tangan," ujar Edy saat diwawancarai wartawan usai membuka kegiatan MTQ, di Yayasan Haji Anif, Deli Serdang, Ahad (15/3/2020).

Meski begitu, Edy tetap meminta warga untuk menghindari kontak fisik. Mulai mengganti jabat tangan sebagai tanda salam. Selain itu, Edy minta masyarakat tidak menyebarkan informasi yang membuat orang lain cemas dengan corona hingga semakin memperburuk situasi.

"Tetap jaga diri kita, keluarga kita, lingkungan kita, agar kita tetap sehat. Apabila ada flu batuk dan lainnya gunakan masker agar rekan rekan kita tidak tertular, segera berobat," ujar Edy.

Di samping itu, Edy minta pengelola Sumut Fair 2020 atau Pekan Raya Sumatera Utara untuk menunda kegiatan hingga waktu yang belum bisa ditentukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayan di Medan, Minggu, mengatakan, hingga saat ini,  virus corona memang belum mewabah di Sumut, tetapi perlu diantisipasi.

Oleh karena itu, katanya, sebagai gubernur, dia sudah meminta pihak pengelola Sumut Fair 2020 untuk menunda kegiatan itu.

Sumut Fair akan menarik masyarakat banyak berkumpul. Apalagi Sumut Fair berlangsung lama yakni pada 20 Maret hingga 20 April 2020 sehingga rentan dengan penyebaran virus corona.

"Jadi sebaiknya hindari tempat keramaian. Makanya, saya minta Sumut Fair ditunda dan meminta semua pemerintah daerah mengurangi kegiatan yang mengundang massa yang banyak," katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar