Ajak Ikuti Protokol, MUI Kota Medan: Jangan Tolak Jenazah Covid-19 - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 02 April 2020

Ajak Ikuti Protokol, MUI Kota Medan: Jangan Tolak Jenazah Covid-19

Medan- Majelis Ulama Indonesia Kota Medan minta warga jangan menolak jenazah pasien Corona yang hendak dimakamkan di dekat wilayahnya. Sebaliknya warga diminta mengikuti aturan soal pengurusan jenazah pasien terkait Corona yang wafat.

Hal itu terkait adanya spanduk penolakan pemakaman jenazah pasien Corona sempat terpasang di Simalingkar B Medan Senin (30/3/2020) namun spanduk telah diturunkan, Selasa (31/3/2020).

Pemko Medan dan Pemprov Sumut memang mempersiapkan kuburan khusus pasien terkait Corona yang wafat. Nantinya seluruh proses pengurusan jenazah dilakukan tim medis.

Ketua MUI Medan, M Hatta menyatakan bahwa Pemerintah dan MUI sudah membuat protokol cara mengatasi jenazah itu. Maka perlu diikuti.

"Ini sebetulnya sudah ditanggulangi dengan baik oleh pemerintah maupun MUI sehingga tak terjadi penularan," ujarnya, Kamis (2/4/2020).

Hatta menyesalkan adanya spanduk penolakan jenazah.

"Penyelenggaraan jenazah secara Islam itu namanya fardhu kifayah yang wajib dilaksanakan setiap orang kecuali bisa diwakilkan. Artinya begini, kalau misalnya pekerjaan itu tidak dilaksanakan maka berdosa orang semuanya,'" jelas Guru Besar UIN Sumut ini.

Hatta mengingatkan bahwa orang yang meninggal karena Corona bukanlah aib sehingga masyarakat jangan mengucilkan keluarga dari pasien.

"Lihat surat Ali Imran 142, Allah ingatkan di sana, orang yang bisa keluar dari keadaan yang mencekam ini ada dua hal. Pertama, disebutkan jahadu. Jahadu disebut berjihad. Bersungguh-sungguh dalam melakukan hal yang dapat menghindarkan orang tertular atau menularkan. Yang kedua, sabar. Allah mengatakan hanya orang yang sabar yang bisa keluar dari persoalan-persoalan ini. Jadi jangan gegabah menerima ini," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar