Bolehkah Mengeluarkan Zakat Sebelum Waktunya? - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 04 April 2020

Bolehkah Mengeluarkan Zakat Sebelum Waktunya?

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, saat masa pandemi ini merupakan waktu yang tepat bagi umat Islam untuk membayarkan zakatnya sebelum bulan Ramadhan tiba.

"Khusus bagi umat Islam, saya kira pada saat ini tepat sekali terutama bagi orang-orang kaya yang biasa keluarkan zakatnya setiap Ramadhan sebaiknya dimajukan waktunya (pembayaran) karena masyarakat sangat membutuhkan," ujar Ma'ruf saat konferensi pers melalui video conference, Selasa lalu (31/3/2020).

Nah, Bagaimana sebenarnya hukumnya bila mengeluarkan zakat dipercepat, atau bahkan bisa jadi sebelum haulnya?

Dalam buku Fikih Keummatan MUI Kota Medan hal 36, MUI Kota Medan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana hukum mengeluarkan zakat sebelum haulnya? Apakag mengeluarkan zakat itu harus sesuai dulu haul dan nishabnya?

Jawaban MUI Kota Medan

Mendahulukan zakat sebelum haulnya atau sebelum mencapai waktu satu tahun, hukumnya boleh, asal sudah masuk tahunnya. Maksudnya tidak boleh mendahulukannya untuk dua tahun.

Contoh sederhana. Pah Wahyu mempunyai kewajiban zakat sebesar Rp 2.000.000 kemudian belum sampai setahun, Bapak membayar Rp 500.000 maka di akhir tahun (haul) Pak Wahyu membayar sisanya, yaitu Rp 1.500.000

Sehingga disimpulkan mencicil zakat dalam artiannya menyegerakan pembayaran sebelum waktunya dengan cara berangsur-angsur adalah sah. Keterangan ini terdapat di dalam Syarh Al-Allamah Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Mukhtasar Bafadal, pada Hamisinya Al-Hawasyi al-Madaniyyah juz ke II halamam 102, "Boleh bagi pemilik, bukan wali sebagaimana telah terdahulu, menyegerakan artinya zakat di dalam haul itu sebelum akhir haulnya, dan sesudah tersimpul bahwa telah sempurna nishab pada zakat binatang, dan emas-perak,  lain halnya dengan barang-barang dagangan."

Adapun hadis yang berkenaan dengan ini adalah hadis yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib ra. "Bahwa Al-Abbas bin Abdul Muthalib minta kepada Nabi saw dalam hal menyegerakan sedekahnya sebelum waktu wajibnya, maka Rasulullah mengizinkannya terhadap hal tersebut." (HR Al-Khamsah kecuali An-Nasai).

Berdasarkan jawaban MUI Kota Medan hukumnya zakat boleh dibayarkan jika belum sampai haulnya, bila biasanya zakat Anda dibayar bulan Ramadhan maka saat masa pandemi seperti ini boleh dibayarkan sebelumnya.

Wallahua'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar