Negara-Negara Terbahagia Lebih Tangguh Hadapi Corona - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 02 April 2020

Negara-Negara Terbahagia Lebih Tangguh Hadapi Corona

Negara-negara paling bahagia di dunia,  Finlandia, Denmark, Norwegia, Swedia dan Islandia, lebih tangguh menangani krisis pandemi virus corona.

World Happiness Report dari United Nations Sustainable Development Solutions Network menyatakan, "masyarakat dan negara-negara dengan tingkat kepercayaan sosial tinggi, lebih tangguh dalam menghadapi bencana alam dan krisis ekonomi."

Laporan yang diterbitkan pada International Day of Happiness itu menganalisis data yang mencakup 156 negara, termasuk informasi yang dikumpulkan perusahaan AS, Gallup.

Penelitian ini menemukan, kelima negara Nordik --Finlandia, Denmark, Norwegia, Swedia dan Islandia-- adalah negara dengan tingkat kebahagiaan terbaik di dunia.

Negara-negara Nordik menempati peringkat sangat tinggi dalam laporan kebahagiaan, karena mereka memiliki hal-hal positif, seperti pendidikan gratis dan perawatan kesehatan gratis, tingkat kejahatan rendah, jaminan sosial yang nyaman, dan mereka makmur.

"Mereka bukan masyarakat yang melakukan segala upaya dan waktu agar menjadi miliarder, tapi mencari keseimbangan hidup yang baik dan hasilnya hidup sejahtera bahagia." Beginilah orang-orang di negara-negara Nordik menemukan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan.

Warga di masing-masing negara ini memiliki tingkat saling percaya yang tinggi pada sesama warga dan pada institusi, seperti bisnis dan pemerintah.

Warga di lima negara itu mempercayai pemerintahnya menerapkan kebijakan yang baik demi melindungi mereka dari dampak kesehatan dan ekonomi akibat wabah corona.

Mereka juga saling peduli dengan mematuhi pedoman seperti langkah-langkah social distancing dan isolasi diri untuk memperlambat penyebaran infeksi.

Hal ini karena kualitas institusi-institusi di negara-negara ini mampu memberi manfaat kesejahteraan yang luas dan dapat diandalkan, angka korupsi rendah nyaris nol, dan demokrasi yang berfungsi dengan baik.

Selain itu, warga negara Nordik mengaku memiliki rasa otonomi dan kebebasan yang tinggi.

Para peneliti mengatakan tidak ada satu faktor tunggal untuk menjelaskan kebahagiaan di wilayah ini.

"Banyak faktor yang berpengaruh, menghasilkan tingkat kepercayaan yang tinggi, dan model negara serta masyarakat yang berfungsi tinggi."

"Negara-negara Nordik, bisa dikatakan berada dalam siklus yang baik, di mana lembaga yang berfungsi baik dan demokratis mampu memberikan manfaat dan keamanan luas bagi warga negara."

Sumber: Zamane

Tidak ada komentar:

Posting Komentar