PBB Apresiasi MUI Medan yang Keluarkan Tuntunan Ibadah - Harian Amanah Medan

Breaking

Jumat, 10 April 2020

PBB Apresiasi MUI Medan yang Keluarkan Tuntunan Ibadah

Medan- Sekretaris Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Sumatera Utara, Muhammad Idris mengapresiasi langkah Majelis Ulama Indonesia Kota Medan yang memberikan panduan ibadah selama covid-19 bagi masyarakat khususnya umat Islam.

Hal itu disampaikannya kepada wartawan, Jumat (10/4/2020), di Medan, menanggapi edaran MUI Kota Medan panduan ibadah per zona wilayah.

"Pembagian zona itu kan dari pemerintah berdasarkan kasus penyebaran pandemi covid 19. Oleh karena itu, keadaan suatu daerah tentu berpengaruh kepada bagaimana kita meresponnya. Ibadah harus tetap terlaksana dengann sebaiknya sementara situasi perkembangan pandemi juga perlu kita waspadai dan cegah penularannya," ujar Idris.

Idris juga mengingatkan dalam memasuki bulan suci ramadhan sebaiknya  kondisi masjid dan lingkungannya juga dijaga bersama-sama oleh masyarakat dan pengurus masjid. 

"Tentu kita berpedoman kepada ulama-ulama kita yang telah menetapkan bagaimana  semestinya kita beribadah," katanya.

Masjidil Haram saja, lanjut Idris, terus dilakukan sterilisasi oleh pemerintahan Arab Saudi, dan langkah itu diamini oleh ulama-ulama besar di sana. Begitujuga di negeri-negeri Islam lain.

"Apalagi kita di sini sebaiknya kita ikuti standar penanganan yang dibuat oleh pemerintah dan para ulama kita," pungkasnya.

Sebelumnya, MUI Medan memberikan tuntunan ibadah kepada umat Islam per zona penyebaran covid-19. Zona Merah diharapkan beribadah di rumah. Sementara zona kuning dan hijau melakukan ibadah di Masjid dengan langkah-langkah antisipasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar