Pemukiman Belawan Disemprot Disinfektan - Harian Amanah Medan

Breaking

Rabu, 08 April 2020

Pemukiman Belawan Disemprot Disinfektan

Medan- Seakan tidak pernah merasa kelelahan Tim Gugus Tugas Penanganan Wabah Virus Corona (Covid 19) terus menerus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik di Kota Medan. Kali ini, penyemprotan difokuskan  di kawasan Medan Bagian Utara tepatnya di Kecamatan Medan Belawan, Rabu (8/4/2020) pagi. Tim menyeser fasilitas umum dan pemukiman padat penduduk untuk disemprot disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Novel Corona Virus II (nCov-2) ini.

Kegiatan diawali apel persiapan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di Jalan  Rahmad Komplek PIK Menteng, Kecamatan Medan Denai. Sedikitnya 200 orang personil yang terdiri dari unsur Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Medan, personil TNI dari Kodim 0201/BS, Yon Zipur, Yon Armed, Yon Arhanud, Dinas Pencegahan & Pemadam Kebakaran (P2K) dan Satpol PP Kota Medan dibagi dalam tiga tim.

Setelah mengikuti apel persiapan seluruh tim yang telah dibagi langsung bergerak menuju lokasi penyemprotan. Adapun lokasi penyemprotan di Kelurahan Sicanang, Kelurahan Belawan Bahari,Kelurahan Belawan Bahagia, Kantor PDAM Belawan, Kantor Imigrasi Kelas II Belawan dan Kantor Kajari Belawan. Dikomandoi oleh komandan lapangan, tim yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dan alat penyemprotan disinfektan bergegas melaksanakan tugasnya.

Ditengah sengatan matahari, tanpa kenal lelah, seluruh tim terus melakukan penyemprotan di pemukiman warga dan kantor-kantor pelayanan masyarakat di kawasan Medan Belawan.

Langkah pencegahan dengan melaksanakan penyemprotan ini masih dipandang stratrgis dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus yang menyebabkan penyakit pneumonia (rusaknya sistem pernafasan) ini khususnya pada pemukiman padat penduduk. Apalagi diketahui saat ini Kota Medan merupakan zona merah penyebaran Covid19 menyebabkan langkah-langkah preventif terus dilakukan Tim Gugus Tugas yang dikomandoi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi ini.

Di tempat yang berbeda, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna sembiring dalam arahannya mengatakan, Tim Gugus Tugas Kota Medan tidak akan pernah berhenti untuk melaksanakan tugas ini. Sebab yang dilakukan ini semua semata-mata untuk kepentingan rakyat, penyebaran wabah virus corona dapat diminimalisir.

"Kami akan terus menerus melakukan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, salab satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan di tempat-tempat mobilutas umum serta rumah-rumah warga," jelasnya.

Arjuna tidak lupa juga mengingatkan agar para personil tim gugus tugas senantiasa mengutamakan keselamatan diri ketika melakukan penyemprotan tersebut. Selain mengenakan alat perlindungan diri (APD), petugas juga diingatkan selalu mengenakan masker dan sarung tangan untuk melindungi diri agar tidak tertular Covid-19.

“Kepada seluruh personil yang terlibat dalam penyemprotan cairan disinfektan agar mengutamakan keselamatan diri ketika melaksanakan tugas, jangan pula sampai kita yang terkena," kata Arjuna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar