Sedekah Enak Tanpa Uang: Berhubungan Suami Istri - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 04 April 2020

Sedekah Enak Tanpa Uang: Berhubungan Suami Istri

Salah satu yang menjadi motivasi seseorang untuk semangat berumah tangga, ketika menyebutkan bahwa di dalam hubungan suami istri terdapat sedekah. Ucapan ini bukan tidak berdasar. Ucapan ini langsung bersumber dari Rasulullah Saw. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Di dalam hubungan intim (suami-istri) itu termasuk sedekah"

Di dalam hadist yang lain, Rasulullah Saw bersabda, "Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala." (HR Muslim no. 2376)

Sangat logis jika 'berhubungan' itu dikatakan sedekah. Karena sedekah adalah memberikan kebaikan kepada diri sendiri atau kepada orang lain. Dan itu membuat makna sedekah menjadi luas mencakup seluruh kebaikan. Meskipun demikian, yang perlu digarisbawahi, bahwa dikatakan sedekah jika seseorang meniatkan dalam pemberian sedekahnya karena untuk mendekatkan diri kepada Allah, tidak karena semata-mata takut pasangan marah atau hanya untuk memuaskan pasangan saja.

Sebab, sudah jamak diketahui bahwa amal ibadah hanya diterima oleh Allah jika memenuhi dua syarat: ikhlas karena Allah dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Oleh karena itu, agar menjadi proyek yang menguntungkan, hendaklah suami dan istri sebelum melakukan hubungan berniat melakukannya semata-mata karena Allah Swt.

Inilah salah satu bentuk 'sedekah tanpa uang' yang disiapkan oleh Allah Swt untuk yang sudah berumah tangga. Bahkan, ini bisa berkesinambungan melakukannya. Semoga kita semua dimampukan Allah untuk memanfaatkan program sedekah tanpa uang ini dalam rumah tangga kita. Aamiin. Wallahu'alam.

Sumber : Fikih Keummatan MUI Kota Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar