Upaya Minimal Pencegahan Penyebaran Covid-19 - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 18 April 2020

Upaya Minimal Pencegahan Penyebaran Covid-19

oleh: Faris Khairy, S.K.M
Ketua DPC Partai Gelora Indonesia Medan Helvetia


Setiap harinya angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) semakin meningkat di Indonesia. Penyebab utamanya adalah masih banyak ditemukan perilaku masyarakat yang menganggap sepele wabah Covid-19 ini. Hal tersebut saya amati di sepanjang perjalanan pulang saya setiap harinya, masih ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah dan mengabaikan cuci tangan pakai sabun meskipun sudah difasilitasi di beberapa tempat. Entah dikarenakan ketidaktahuannya ataukah dikarenakan ketidakpeduliannya.


Pencegahan penyebaran Covid-19 ini tidaklah sulit, hanya saja perlu kesabaran dan kerja sama dengan semua elemen masyarakat. Kita dapat memulainya dari diri sendiri dan keluarga kita, antara lain menggunakan masker saat berada di luar rumah dan cuci tangan pakai sabun. Selain itu, hindari menyentuh area wajah bila belum mencuci tangan pakai sabun karena virus ini dapat menempel pada wajah dan masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata. Barangkali sebelumnya kita baru saja memegang uang, memegang pintu swalayan, bertransaksi di ATM, ataupun melakukan absensi dengan finger print di kantor.


Selain penggunaan masker yang harus konsisten, cuci tangan pakai sabun menjadi pilihan yang lebih baik untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di tangan kita dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer. Inilah hal paling minimal yang dapat kita lakukan pada diri kita sendiri dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan melakukan hal tersebut, kita sudah berperan dalam melindungi diri, keluarga, dan masyarakat di sekitar lingkungan kita.


“Lebih baik mencegah daripada mengobati”, seperti itulah pepatah lama yang sering kita dengar. Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang abai dengan menggunakan masker saat keluar rumah. Bayangkan bila keluarga kita terkena Covid-19 karena tertular dari tetangga yang sering main ke rumah kita tanpa memakai masker. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri kita ataupun sebaliknya. Maka dari itu, kita harus konsisten memakai masker hingga wabah Covid-19 ini berakhir. Jagalah diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar Anda. Stay safe!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar