Wanita Muslimah dan Kegemaran Bersedekah - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 09 April 2020

Wanita Muslimah dan Kegemaran Bersedekah


Sejarah mencatat bahwa para muslimah senang berjuang dengan harta dengan berinfaq di jalan Allah Swt.

Di masa Rasulullah Saw, saat Nabi Muhammad Saw memberikan nasehat kepada kaum wanita dan menganjurkan mereka untuk berinfaq pada waktu sholat Id, maka mereka pun berlomba sehingga mensedekahkan perhiasan-perhiasan mereka dan melemparkan cincin-cincin dan gelang-gelang pada kain Bilal.

Salah seorang istri Nabi Muhammad Saw, yakni Zainab binti Jahsy juga memiliki perangai sangat gemar bersedekah. Rasulullah Saw bersabda, "Dia adalah wanita yang paling cepat menyusulku dan paling panjang tangan (dermawan) di antara kalian." (HR Muslim).

Aisyah ra berkata, "Apabila kami berkumpul di rumah salah seorang di antara kami setelah wafatnya Rasulullah Saw kami membentangkan tangan-tangan kami di sebuah dinding, untuk mengetahui siapa di antara kami yang paling panjang tangannya, sedangkan Zainab adalah seorang wanita yang pendek, maka tatkala ia meninggal, maka saat itu kami mengetahui bahwa yang dimaksud oleh Rasulullah hanyalah panjang tangan dalam sedekah."

"Zainab adalah seorang wanita yang terampil, ia bisa menguliti binatang dan.. Bersedekah di jalan Allah, dikatakan tentang dirinya bahwa ia tidak meninggalkan satu dirham atau satu dirham pun ketika ia meninggal, ia senantiasa bersedekah dengan seluruh kemampuan yang dimilikinya, dan beliau adalah rujukan bagi orang-orang miskin."

Infaq kaum muslimah dahulu juga tidak terbatas dalam kondisi damai, mereka juga berinfaq di jalan Allah pada waktu sulit seperti perang.

Salah satunya pada zaman Rasul, mereka punya peran sangat besar dalam menafkahi para tentara pada Yaumul Usrah atau hari yang sangat sulit.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ummu Sinan al-Aslamiyah ra. Ia berkata, "Sungguh aku telah melihat sebuah kain yang dibentangkan di hadapan Nabi Saw di rumah Aisyah ra, di dalamnya terdapat minyak kesturi dan berbagai macam perhiasan kaum wanita dan ia telah dipenuhi oleh kiriman kaum wanita yang dapat membantu kaum muslimin dalam menyiapkan pasukan mereka, karena manusia dalam keadaan sangat sulit."

Para muslimah memang kerap diingatkan Rasulullah Saw untuk memperbanyak sedekah dan juga istighfar.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai wanita, bersedekahlah dan perbanyaklah beristighfar (mohon ampun kepada Allâh) karena sungguh aku melihat kalian sebagai penghuni neraka yang paling banyak.”


Ingin Bersedekah melalui Amanah Medan? Silakan Chat dengan mengklik Ikon WA di sisi kanan bawah layar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar