Kampung Binaan Muallaf IZI, Desa Kebayaken Gelar Buka Bersama - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 07 Mei 2020

Kampung Binaan Muallaf IZI, Desa Kebayaken Gelar Buka Bersama



Medan- Desa Kebayaken, Kecamatan Teran Kabupaten Karo Sumatera Utara merupakan desa yang jauh dari hiruk pikuk Kota Medan . Masyarakat desa mayoritas beragama non muslim sedangkan  mata pencarian para masyarakat pertanian dan perternakan, desa ini sering diguyur hujan vulkanik  dari  gunung merapi yang menyebabkan hasil pertanian dan perternakan mereka habis. Keadaan masyarakat yang memprihatinkan itu perlu untuk diberikan bimbingan spiritual dan juga perekonomian.

Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sumatera Utara merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang sudah terpercaya di Suamtera Utara kembali hadir membantu para masyarakat mualaf desa Kebayaken. Melalui program IZI TO IMAN yaitu program yang dilakukan IZI untuk membina masyarakat yang jauh dari ajaran agama Islam, IZI mengirimkan salah seorang da’i yang sudah profesional di bidang dakwah untuk membina mental dan memberikan ajaran agama islam kepada masyarakat mualaf di desa Kebayaken.

IZI dalam program IZI TO IMAN  mengutus da’I yang bernama Mukhsil yang rela menggotong keluarganya tinggal di desa yang terpencil dan ditengah mayoritas masyarakat non-muslim.Ustad Mukhsil merupakan da’i IZI yang sangat bersemangat untuk  menyadarkan kembali para masyarakat yang sudah beragama muslim di desa itu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Kebanyakan masyarakat desa Kebayaken yang sudah mualaf masih jauh dari ajaran agama yang di ajarkan Rasullulah Saw. Sebagian di antara mereka masih saja bertenak hewan hewan yang diharamkan seperti babi dan anjing  dan masih makan yang haram haram.

"Alhamdulillah dengan adanya pembinaan spiritual yang diajarkan kepada masyarakat setiap harinya membuat para mualaf lebih dekat kepada Allah.  Di dalam bulan suci ramdhan ini kami membuat program buka bersama dengan para muallaf untuk lebih menguatkan rasa Ukhuwah Islamiyahnya sesama umat Islam," ujar Mukhsil di sela acara Buka Bersama, Selasa (05/05/2020).

Ketua Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumatra Utara M. Iqbal Farizi menyampaikan ini merupakan salah satu bentuk program IZI untuk membina masyarakat mualaf agar lebih dekat kepada Allah.

"Insya allah kita sudah merencanakan membuat program program lain untuk kesejahterakan perekonomian masyarakat di desa kebayaken," ujarnya.

Salah seorang warga, Syafrizal berterimakasih kepada IZI dan para Donatur atas kepeduliannya agar mereka dapat  mempelajari agama Islam dengan baik.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan ini kami banyak melakukan kegiatan kebaikan seperti berbuka puasa  bersama dan sholat Tarawih berjamaah ini merupakan kebahagiaan besar bagi kami,"ujar Syafrizal.

Iqbal Farizi juga terus mengajak masyarakat dan para muzakki bergotong royong dengan berzakat, infaq dan sedekah untuk memudahkan urusan saudara saudara yang membutuhkan.

"Semoga dengan kita memudahkan urusan orang lain, Insya Allah segala urusan kita akan dimudahkan Allah," pungkas Iqbal.
 (Friskal/IZI Sumut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar