Rumah Tak Dialiri Listrik, Nurul Hayat Salurkan Zakat Ke Ibu Ini di Tengah Gema Suara Takbiran - Harian Amanah Medan

Breaking

Sabtu, 23 Mei 2020

Rumah Tak Dialiri Listrik, Nurul Hayat Salurkan Zakat Ke Ibu Ini di Tengah Gema Suara Takbiran

Medan- Nurul Hayat Medan menyalurkan zakat mal, zakat fitrah, kafarat dan fidyah hingga malam takbiran.  Manager Program NH Medan, Muhammad Fadli menjelaskan pihaknya telah memulai menyalurkan zakat semenjak beberapa hari yang lalu.

"Kita semenjak kemaren sudah menyalurkan zakat fitrah ke beberapa kabupaten kota tepatnya Medan, Deli Serdang dan Serdang Bedagai," ujarnya pada wartawan, Sabtu malam (23/5/2020).

Fadli juga menjelaskan bahwa untuk kafarat dan fidyah puasa, rencana segera disalurkan ba'da Idul Fitri.

Sementara itu, Di tengah gema suara takbir, NH menyambangi salah satu penerima manfaat zakat dari Nurul Hayat kali yakni andung Maryam, warga desa Tanjung Selamat. Ibu dari tiga anak ini tinggal di rumah yang belum teraliri listrik.

Amil Nurul Hayat, Ali Alimron mengungkapkan, "Andung Maryam udah lama bertahun tinggal di rumah yang tidak dialiri listrik," jelasnya.

Penyaluran Zakat dari Nurul Hayat pun disambut dengan penuh syukur oleh Andung Maryam.

Istilah amil zakat sering disebut dengan su'at  yang bermakna orang yang berjalan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Tugas berkeliling ini bukan hanya mendatangi orang kaya untuk dijemput zakatnya, tetapi juga orang miskin, dimana pun mereka berada. Karena sejatinya amil zakat bukan didatangi tetapi mendatangi.

"Amil zakat itu kan punya istilah lain yakni Su'aat Li Jibayatizzakah artinya adalah orang yang berkeliling untuk mengumpulkan dan membagikan zakat. Begitu juga Al-Jihaz Al-Idari Wal Mali li Az-Zakah yakni yang punya peran mendata secara administrasi yang baku tentang siapa saja yang menjadi wajib zakat serta yang berhak atas zakat itu. Semoga Allah menerima semua amal sholih,"  ujar Zakat Advisor NH Medan, Islahuddin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar