Sambut Partai Gelora, Pakar Politik Sumut: Gelora Harus Bisa Formulasi Elit Baru Indonesia - Harian Amanah Medan

Breaking

Rabu, 20 Mei 2020

Sambut Partai Gelora, Pakar Politik Sumut: Gelora Harus Bisa Formulasi Elit Baru Indonesia


Medan- Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mendapat surat keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM sebagai badan hukum partai politik, Selasa (19/5/2020). Partai besutan mantan Presiden PKS Anis Matta itu pun sah menjadi partai politik di Indonesia.

SK bernomor M.HH-11.AH.11.01 tahun 2020 itu didapat Partai Gelora setelah satu setengah bulan menjalani proses verifikasi administratif dan faktual sebagai parpol.

Ketua Prodi Politik Fisip USU, DR. Warjio mengatakan bahwa keluarnya SK tersebut tentu akan memberikan kesempatan kepada partai Gelora untuk ikut bersama dalam demokrasi prosedural.

"Hal itu tentu akan memberikan kesempatan kepada partai Gelora untuk ikut bersama dalam demokrasi prosedural sehingga proses partisipasi politik dapat dilaksanakan," ujar Dr Warjio.


Di tempat terpisah Pakar Politik Sumut yang juga Dosen di UIN SU Faisal Riza, beliau mengatakan bahwa kemunculan Partai Gelora bisa diharapkan sekurangnya dalam beberapa hal. "Pertama, sebagai transformasi politik kebangsaan yang moderat, yang berkesesuaian dengan sosio kultur masyarakat Indonesia," ujar Faisal Riza.

Kedua, lanjut Riza, partai Gelora dengan platform Politik keberpihakan pada kebangsaan yang plural harus dapat bisa menyaring dan meramu kehendak rakyat. Tentu dengan tantangan ke depan yang semakin beragam.

"Ketiga, sebagai partai baru tentu Gelora harus bisa memformulasi agensi dan elit baru Indonesia yang lebih berpihak rakyat," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Gelora Indonesia Kota Medan Muhammad Nasir mengatakan bahwa kehadiran partai Gelombang Rakyat Indonesia merupakan impian anak bangsa Indonesian untuk sesuatu yang baru dan di yakini membawa perubahan yang sangat mendasar dalam bingkai perpolitikan di Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

"Kami yakini nantinya banyak Anak Bangsa dari berbagai golongan untuk  bernaung dan berkiprah  mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, baik itu Ekonomi, pertahanan, dan keharmonian kebangsaan pun juga terwujud dengan baik. Bersama partai Gelora Indonesia menghantarkan bangsa Indonesia sebagai salah satu yang sangat layak diperhitungkan untuk masuk 5 Besar Negara berpengaruh di dunia," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar