Semangat dan Perjuangan Anak Kebayaken Belajar Islam - Harian Amanah Medan

Breaking

Minggu, 10 Mei 2020

Semangat dan Perjuangan Anak Kebayaken Belajar Islam


Medan -  Inisiatif Zakat Indonesia merupakan lembaga yang sudah terpercaya dalam pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Sedekah di Sumatera Utara. IZI tidak hanya menghimpun dana zakat dari masyarakat tetapi IZI juga melakukan penyaluran melalui program pemberdayaan salah satu programnya adalah IZI To IMAN.

Program tersebut adalah program yang mengirim Da’i IZI yang sudah profesional ke desa-desa terpencil yang membutuhkan pembinaan ilmu agama seperti desa kebayaken Kabupaten Karo.

Mayoritas masyarakat Desa Kebayaken ini merupakan beragama nonmuslim ada pun sebagian masyarakat yang menjadi mualaf tetapi mereka masih saja beraktivitas sehari-hari bagaikan seorang non muslim mungkin disebabkan oleh lingkungan sekitar atau kurangnya pendidikan agama islam di desa tersebut.

Para mualaf masih memelihara hewan hewan yang diharamkan dalam al-qur’an seperti bertenak babi dan anjing bahkan mereka juga tidak jarang memakan makanan yang diharamkan.

Da'i IZI, Ustadz Mukhsil menyampaikan kepada tim IZI yang melakukan kunjungan bahwa pertama beliau memasuki desa kebayaken ini sangat terkejut atas aktivitas para mualaf yang tidak ubahnya seperti non muslim.

"Alhamdulilah semenjak adanya program pembinaan mualaf dari IZI para keluarga mualaf yang dulunya tidak paham dengan ilmu agama islam sekarang mereka sangat antusias mempelajari agama islam dengan baik," ujarnya, Sabtu (9/5/2020).

Bentuk antusias masyarakat mualaf dalam mempelajari agama islam mereka menyuruh anak anak untuk setiap harinya belajar agama bersama Da’i IZI anak anak  rela berjalan kaki dengan kondisi rumah mereka berjauhan dengan tempat pembinaan, mirisnya mereka datang dengan kondisi yang sangat memperhatinkan  berpakaian dengan seadanya dan membawa Iqro dan al-qur’an yang sudah lusuh untuk mereka pelajari dengan Sang Ustadz.

"Walaupun dengan keadaan seperti itu semangat mereka tidak pernah pudar dan mereka mempunyai cita cita menjadi penghafal Alqur’an dan menjadi seorang Da’I untuk mengembangkan Agama Allah," ujar Ustadz Mukhsil.

Bulan Ramdhan yang penuh dengan keberkahan ini Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia tidak bosan bosannya mengajak para masyarakat/Muzakki untuk bergotong royong dengan Berzakat, Infaq dan Sedekah untuk membantu memudahkan saudara saudara kita yang sedang membutuhkan pertolongan kita. Insya Allah barang siapa yang memudahkan urusan orang lain maka akan dimudahkan Allah urusannya. (Friskal/IZI Sumut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar