13.725 KK Terpapar Abu Vulkanik Akibat Erupsi Sinabung - Harian Amanah Medan

Breaking

Selasa, 11 Agustus 2020

13.725 KK Terpapar Abu Vulkanik Akibat Erupsi Sinabung

Medan- Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara melakukan aksi kolaborasi bersama dengan tema "Aksi Gerakan Zakat Peduli Sinabung", Selasa (11/8/2020) di wilayah Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Aksi kolaborasi yang terdiri dari berbagai lembaga zakat yang tergabung di FOZ Sumut meliputi pembagian masker, obat tetes mata dan juga makanan serta minuman bagi warga. Aksi tersebut juga merupakan pendataan awal wilayah yang terpapar abu vulkanik akibat erupsi gunung Sinabung.

Diketahui sebelumnya, Di tengah pandemi covid, masyarakat Sumatera Utara dikejutkan dengan erupsi Gunung Sinabung. Gunung yang berada di wilayah Kabupaten Karo ini,  setelah sekian lama beristirahat, kembali mengalami erupsi pada Ahad (9/8). Letusan diiringi dengan bubungan abu vulkanik, dengan ketinggian kolom hingga 2000 meter diatas puncak. Bahkan dari informasi terbaru, pada (10/8) Gunung Sinabung mengalami peningkatan erupsi dengan ketinggian debu hingga 7000 meter.

Kepala Cabang Nurul Hayat (NH) Zakat Kita Medan, Rendy Sanjaya melaporkan setidaknya ada sekitar 13.725 kepala keluarga yang terpapar abu vulkanik yang mencakup 4 kecamatan.

"Ada 4 Kecamatan yg terpapar abu vulkanik akibat erupsi gunung Sinabung yaitu  Kecamatan Namanteran, kecamatan Merdeka, kecamatan Berastagi dan Kecamatan Dolat rakyat dengan jumlah kurang lebih 13.725 Kepala Keluarga," ungkapnya pada wartawan, Rabu dinihari (12/8/2020).

Adapun rinciannya yakni di kecamatan Namanteran sekitar 3.200 KK dari 7 desa yakni desa Sukandebi, Kota Tonggal, Sukatepu, Naman, Ndeskati, Gung Pinto dan Kutambelin.  Sementara dari Kecamatan Merdeka sekitar 3.600 KK dari desa Seram, Ujung Teran, Sada Perarih, Cinta Rakyat, Merdeka, Gongsol, Jaranguda, Semangat Gunung.

Sementara dari Kecamatan Berastagi sekitar  6.275 KK dari 7 desa. Serta dari Kecamatan Dolat Rakyat dari Desa Rakyat sekitar 650 KK.

Rendy Sanjaya mengajak agar membantu para keluarga yang terdampak abu vulkanik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar