FOZ dan Baznas Sumut Siap Sinergi dalam Pengelolaan Zakat - Harian Amanah Medan

Breaking

Selasa, 18 Agustus 2020

FOZ dan Baznas Sumut Siap Sinergi dalam Pengelolaan Zakat

Medan- ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah) merupakan dana sosial keagamaan masyarakat yang dikumpulkan, kemudian diolah untuk mensejahterakan sesama.

Pengelolaan dana sosial tersebut, tentunya tidak mudah dilakukan. Dalam prakteknya, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ), harus berpikir dan bekerja keras untuk menggali dan mengoptimalkan penyaluran dana tersebut. Pastinya, diperlukan juga pengelolaan kelembagaan yang lebih  baik.


Dalam UU No. 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dan LAZ (Lembaga Amil Zakat) adalah institusi yang memegang peranan penting. Otomatis, keduanya menjadi garda terdepan dalam hal optimalisasi potensi zakat di Indonesia.

Maka dalam rangka koordinasi dan penguatan fungsi lembaga, pada Selasa (18/8), BAZNAS Sumut selaku pengelola ZIS pemerintah, mengundang beberapa lembaga amil zakat  di Sumut yang bergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Sumut, yang beranggotakan 22 lembaga pengelola ZIS.

Armansyah, Ketua Baznas Sumut, menyampaikan dalam sambutannya, "Pertemuan ini tentunya kita selaku pengelola zakat, memiliki tujuan sama yaitu membahas mengenai pengelolaaan dana ZIS dengan baik, amanah dan dapat tersalurkan ke masyarakat dengan baik dan merata".

"Alhamdulillah, pertemuan hari ini berlangsung dalam suasana akrab dan penuh lontaran ide segar. Semoga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dana ZIS," ujar Munawar, Ketua Forum Zakat (FOZ) Sumut.


Pimpinan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang hadir pada acara yang berlangsung di ruang aula BAZNAS Sumut itu, diantaranya ; Dompet Dhuafa (DD) Waspada, Nurul Hayat, Rumah Yatim, Global Zakat, Yakesma, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Pusat Zakat Umat (PZU), BMH, Ulil Albab (UA), Rumah Zakat (RZ), PPPA Darul Qur'an, dan DT Peduli.

Pertemuan itu menghasilkan beberapa kesepakatan kegiatan bersama di bulan September 2020, yaitu koordinasi program kerja peta wilayah distribusi program, dan diskusi teknik fundraising OPZ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar