FOZ Sumut Gelar Leader Talks Dihadiri Pimpinan LAZ - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 27 Agustus 2020

FOZ Sumut Gelar Leader Talks Dihadiri Pimpinan LAZ

Medan- Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menggelar kegiatan Leader Talk yang dihadiri leader dari 17 Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Sumatera Utara,  di Mie Ayam H Mahmud, Jalan Abdullah Lubis, Rabu (26/8/2020).

Kegiatan tersebut diisi langsung oleh Ketua Forum Zakat, Bambang Suherman. Dalam penyampaiannya, masalah ekonomi secara umum maupun pegiat ekonomi Islam secara khusus ada dua.

"Masalah pertama bagaimana menumbuhkan Supply atau barang yang akan di tawarkan. Karena di masa pandemi, kita akan kesulitan untuk produksi, disebabkan harga yang tidak stabil," ujarnya.

Selanjutnya, Bambang menerangkan masalah berikutnya ialah bagaimana menciptakan Demand atau permintaan.

"Mungkin salah satu hal yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi adalah pemberian BLT," terang Mas Bams- panggilan akrabnya.

Sosok yang memiliki 6 orang anak ini juga menjelaskan situasi Pandemi seperti ini juga sejatinya memiliki peluang.

"Jika ada masalah di satu wilayah, maka biasanya, solusinya ada di wilayah yang lain. Jadi jangan takut jika kita mendapatkan tekanan masalah. Contohnya pandemi ini. Satu sisi ada bisnis yang mati. Sisi lain ada bisnis yang tumbuh, bahkan pesat. Contohnya telekomunikasi," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua FOZ Sumut, Munawar menjelaskan adanya
Shifting atau pergeseran prilaku berdonasi menjadi hal yang harus diantisipasi seluruh lembaga zakat.

"Dampak covid yang di antaranya membuat model komunikasi tatap muka menjadi lebih mengarah pada pola online, sebaiknya cepat disikapi dengan penyiapan tools lembaga yang mendukung pola itu.

Pastinya, hukum keseimbangan alam akan tetap berlaku. Tantangan saat ini, harus disikapi dengan giat mencari terobosan peluang. Insya Allah lembaga zakat yang sangat terbiasa menghadapi situasi sulit, akan senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjawab berbagai persoalan keummatan," jelas Munawar.

Dalam diskusi antar LAZ, Sekretaris FOZ Sumut, M. Iqbal Farizi dari IZI berbicara tentang kolaborasi yang harus dilakukan antar lembaga yang tergabung dalam Forum zakat

M. Yunus, Kepala Cabang Rumah Zakat berbicara tentang kebanggaannya sebab Forum Zakat mampu berkolaborasi dengan BAZNAS Provsu untuk kegiatan kedepan.

Sementara Rendy S. Sanjaya dari NH Zakat Kita berbicara tentang tantangan ummat dalam ekonomi adalah dengan menciptakan supply bahan bakunya, hingga barang jadi yang bisa di konsumsi oleh publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar