HIKMAH POSITIF DARI PANDEMI COVID-19 MENURUT PANDANGAN ISLAM - Harian Amanah Medan

Breaking

Selasa, 18 Agustus 2020

HIKMAH POSITIF DARI PANDEMI COVID-19 MENURUT PANDANGAN ISLAM

Oleh: Ummi Aida Adlina Siregar

Sebelumnya di berbagai belahan dunia dihebohkan dengan kemunculan Corona virus (Covid 19)  yang terus  menjadi trending topic sampai saat ini. Sebenarnya apa sih itu corona virus?, Apakah ia sangat berbahaya?, Dan bagaimana cara corona virus menyerang manusia?.

Nah tentunya pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelumnya telah muncul dibenak kita semua.

Untuk menjawab rasa penasaran kita semua disini penulis akan menjelaskan hal tersebut.

Jadi Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 (SARS-COV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, orang dewasa dan Usia lanjut. Namun pada usia lanjut sangat rentan terkena virus ini karena pada usia lanjut kekebalan tubuhnya sudah berkurang, apalagi ditambah dengan riwayat penyakit yang lainnya.

Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat, bahkan telah hampir menyebar ke semua negara hanya dalam waktu beberapa bulan saja, termasuk negara kita ini yaitu Indonesia. Sehingga WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global. Maka hal tersebut membuat berbagai negara membuat dan menetapkan kebijakan berupa Lockdown dan Social Distancing dan PSBB dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. 

Adapun infeksi coronavirus disebabkan oleh virus corona itu sendiri. dan kebanyakan virus corona menyebar melalui percikan air liur pengidap (batuk dan bersin), menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi, dan menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona. Maka dari itu kita semua harus mematuhi protokol kesehatan yang telah diberikan oleh pemerintah yaitu memakai masker saat berpergian, mencuci tangan, menggunakan Hand sanitizer, serta menjaga jarak.

Lalu apa saja hikmah yang dapat kita ambil dari pandemi covid-19 ini?. Hikmah yang dapat kita ambil menurut pandangan Islam yaitu:
1. Dengan covid ini mengajarkan kita tentang kekuasaan Allah Swt.

2. Dengan adanya covid kita dapat belajar bahwa sangat pentingnya menjaga kebersihan, pola hidup sehat dan mengonsumi makan yang halal dan bersih.

3. Kita sadar bahwasannya manusia itu sebenarnya tidak berdaya dan tidak ada kekuatan yang melebihi dari kekuatan Allah Swt.

4. Dengan covid ini mengajarkan kita untuk saling tolong-menolong (Ta’awun) dan peduli dengan saudara-saudara kita. Islam telah mengajarkan kepada kita untuk saling tolong-menolong dan peduli dengan saudari-saudarinya yang sedang kesusahan. Seperti di dalam Qur’an surah Al-Maidah ayat 2 yang artinya:”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat."
 
5. Dengan adanya New Normal mengajarkan kepada kita tentang kedisiplinan. Karena islam adalah agama yang disiplin dan orang yang kuat adalah disiplin setiap saat.

**Penulis Merupakan Mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK, UIN Sumatera Utara Medan, Kelompok KKN-DR 78.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar