Ini Hal Yang Patut Dikerjakan di Tahun Baru Islam - Harian Amanah Medan

Breaking

Rabu, 19 Agustus 2020

Ini Hal Yang Patut Dikerjakan di Tahun Baru Islam

Medan- Dai Nasional asal Sumatera Utara, Ustadz Abu Hasan atau kerap disapa dengan Ustadz Aha mengingatkan kaum muslimin tentang beberapa hal yang patut dilakukan dalam menyambut tahun baru Islam (Hijriyah). Hal tersebut berdasarkan kitab Lathoiful Ma'arif.

"Dalam kitab Lathoiful Ma'arif karya Ibnu Rajab sambut tahun baru Islam dengan 4 hal. Pertama, tobat dan muhasabah. Kedua, bertekad atau berazzam. Ketiga, Zikir dan Doa. Keempat, Ucapkan selamat tahun baru kepada sesama muslim," ujar Ustdz Aha dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Presiden Hawari ini menjelaskan bahwa tobat merupakan upaya meninggalkan perbuatan dosa dengan cara yang baik. Tobat adalah cara penyesalan yang terbaik.

"Menurut al-Ashfahany, ia mengklasifikasikan penyesalan menjadi tiga. Adakalanya orang yang menyesal mengatakan “saya tidak melakukan”, atau dia berkata “saya melakukan karena sebab begini”, atau “saya melakukan dan dan saya berkehendak dan sungguh saya telah mencabutnya”. Tobat secara syara’ adalah menanggalkan perbuatan dosa karena kejelekannya, dan menyesal atas kealpaannya serta bertekad untuk meninggalkan kebiasaan buruk," jelasnya.


Sementara itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bertobat agar tobatnya diterima Allah awt. Syarat-syarat tersebut antara lain tobat harus dilakukan seketika juga, yaitu setelah sadar bahwa ia telah berbuat dosa.

"Tobat harus dilakukan dalam keadaan tidak mempunyai tanggungan hak orang lain. Contohnya adalah utang. Tobat tidak diterima sebelum utang tersebut dibayar," ujarnya.

Selain itu, Tobat harus merupakan nasuha, yaitu benar-benar menyesal atas kesalahan yang diperbuat dan bertekad tidak akan mengulangi lagi. Tobat juga harus desertai pengakuan dan kesadaran bahwa manusia sangat membutuhkan ampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Tobat juga harus diikuti dengan perbuatan baik," tekannya.

Kemudian, Kedua adalah berazam atau bertekad. Bertekad untuk punya target dalam mencapai kebaikan di tahun ini. "Bertekad tahun ini qurban, bertekad tahun ini sholat ke mesjid, bertekad tahun ini perbnyak puasa sunnah dan kebaikan kebaikan yang lain," terang Dai yang kerap berkeliling Indonesia tepatnya Kalimantan ini.

Selanjutnya, hal yang dapat dilakukan dalam tahun baru Islam  adalah zikir dan doa. Zikir artinya mengingat yakni mengingat Allah dan bertaqwa kepada-Nya di manapun kita berada. Dalam surah Toha ayat 124 Allah sudah jelaskan. Dan puncak dari segala permohonan adalah doa. Karena senjata ummat islam adalah doa. Minta lh apapun kepada Allah pasti  dikabulkan.

"Di tahun ini banyak kita berdoa dan bermunajat kepada Allah agar tahun ini limpahkn segala kebaikan rahmat dan kasih sayang," ujarnya.

Sedangkan yang keempat adalah ucapkan selamat tahun baru ke sesama ummat Islam. "Dalam hal ini sering kita lupakan, dimana pada tahun masehi kita selalu diingatkan bahkan sllu mngatakan selamat Tahun baru. Padahal jelas bahwa tahun baru kita ummat islam adalah tahun baru hijriah. Tapi s sayang banyak yang lupa akan akan hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar