IZI Berikan Sembako Kepada Masyarakat Sekitar Gunung Sinabung - Harian Amanah Medan

Breaking

Selasa, 11 Agustus 2020

IZI Berikan Sembako Kepada Masyarakat Sekitar Gunung Sinabung



Medan (News)  – Gunung Sinabung kembali erupsi setelah sehari sebelumnya (9/8/2020) mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung.
Kali ini, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami erupsi dengan ketinggian kolom 5.000 meter.
Informasinya Pemerintah Kabupaten Karo telah melakukan upaya penanganan darurat merespons Gunung Sinabung yang mengalami erupsi pada hari Senin (10/8) pukul 10.16 WIB.

Pantauan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB memonitor Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Karo telah
memberikan imbauan kepada warga setempat untuk tetap berada di dalam rumah.

Laporan dari BPBD erupsi yang terjadi pada senin pagi  mengeluarkan abu vulkanik yang mengarah ke timur tenggara.
Laporan sementara BPBD setempat menyebutkan tiga kecamatan dari kecamatan Naman Teran, Berastagi dan Merdeka. Wilayah tersebut terpapar abu vulkanik yang cukup tebal.

Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sumatera merupakan lembaga yang bergerak dibidang menghimpunan dana Zakat, Infaq dan Sedekah yang telah dipercaya oleh masyarakat Sumatera Utara.

Pada Selasa (11/08/2020) Tim  Inisiatif Zakat Indonesia  bersama Forum Zakat Nasional berangkat menuju lokasi bencana Gunung Sinabung untuk membantu kebutuhan masyarakat.

Keberangkatan Tim IZI dan FOZ sekaligus  membawa kebutuhan masyarakat  seperti Maker N95, Mie Instan, Air Mineral, Obat Tetes Mata dan Juga Obat Kulit.

Logistik yang dibawah akan diberikan langsung kepada masyarakat disekitaran Gunung Sinabung  untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan juga untuk menjaga kesehatan masyarakat dari abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Sinabung.

Ustad Mukhsil yang merupakan da’I IZI  yang tinggal di lokasi terdampak erupsi menyampaikan kepada Tim IZI saat dikonfirmasi bahwasannya Gunung Sinabung sampai saat ini masih mengeluarkan abu vulkanik yang cukup tebal sehingga semua akses jalan masih diselimuti oleh abu vulkanik.

"Masyarakat sekitaran pun tidak bisa beraktivitas seperti biasa sekarang hanya bisa berdiam diri dirumah sampai kondisi tidak membahayakan," ujarnya, Selasa (11/8/2020)

M. Iqbal Farizi, Kepala Pewakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumatera Utara menyampaikan semoga masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung tetap dalam lindungan Allah dan bersabar atas segala cobaan yang diberikan Allah.

"Alhamdulillah logistik yang dibawa oleh TIM IZI dan Lembaga Sosial lainnya semoga bisa meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari," ujar Iqbal.

"Insya Allah kita akan terus pantau perkembangan dan menyiapkan kebutuhan lainnya untuk menunjang kebutuhan yang diperlukan masyarakat setempat kedepannya. Serta masyarakat harus mematuhi himbauan pemerintah untuk menjaga keselamatan," lanjutnya.

Iqbal menjelaskan bahwa pihaknya juga tidak pernah bosan bosannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berbuat kebaikan membantu saudara kita yang terdampak erupsi Gubung Sinabung.

"Dengan bergotong royong ber- Zakat, Infaq dan Sedekah semoga dengan kita berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan Allah berikan kelapangan rezky dan Allah mudahkan segala urusan dunia dan akhirat," tutupnya.
(Friskal/IZI Sumut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar