IZI Sumut Beri Sembako, Obat dan Air Bersih kepada Warga Sinabung - Harian Amanah Medan

Breaking

Minggu, 30 Agustus 2020

IZI Sumut Beri Sembako, Obat dan Air Bersih kepada Warga Sinabung


Medan (News) -  Gunung Sinabung kembali erupsi setelah pada (13/08/2020) mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung.
Kali ini, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami erupsi dengan ketinggian kolom 5.000 meter.

Laporan dari BPBD Gunung Sinabung masih mengelkuarkan abu Vulkanik yang tebal sampai saat ini mengarah ke timur tenggara.

Laporan sementara BPBD setempat menyebutkan tiga kecamatan dari kecamatan Naman Teran, Berastagi dan Merdeka. Wilayah tersebut terpapar abu vulkanik yang cukup tebal.

Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sumatera merupakan lembaga yang bergerak dibidang menghimpunan dana Zakat, Infaq dan Sedekah yang telah dipercaya oleh masyarakat Sumatera Utara.

Pada Sabtu (29/08/2020) Tim  Inisiatif Zakat Indonesia  Perwakilan Sumatera Utara berangkat menuju lokasi bencana Gunung Sinabung yaitu Desa Endskati Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo untuk membantu kebutuhan masyarakat.
Keberangkatan Tim IZI sekaligus  membawa kebutuhan masyarakat  seperti Maker N95, Beras 100 Karung, Obat Tetes Mata 100 Paket ,Obat Kulit 100 paket dan juga Air Bersih 5000 Liter.

IZI bukan saja memberikan paket sembako tetapi juga memberikan obat obatan berserta air bersih kepada warga.

Logistik dan obat obatan yang dibawa akan diberikan langsung kepada masyarakat Desa Endskati Kecamatan Namanteran yang merupakan salah satu desa terdampak erupsi  Gunung Sinabung.
 
Dengan bantuan yang diberikan dapat membantu warga  memenuhi kebutuhan sehari hari dan juga untuk menjaga kesehatan masyarakat dari abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Sinabung.

Rahman Ginting yang merupakan warga  setempat menyampaikan kepada Tim IZI saat diwawancarai bahwa Gunung Sinabung sampai saat ini masih mengeluarkan abu vulkanik yang cukup tebal sehingga membuat warga waspada.

Rahman menyampaikan bahwa masyarakat sekitaran lokasi Gunung Sinabung sampai saat ini belum bisa beraktivitas seperti biasanya.
"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada IZI dan donatur atas kepeduliannya kepada kami semoga Allah berikan balasan dunia dan akhirat," ujarnya.

Ucapan senada juga disampaikan oleh Rulianto selaku Fasilitator BPBD Kab. Karo. Rulianto  mengucapkan terima kasih kepada IZI yang sudah membantu tugas pemerintah dalam kebencanaan.

Fasilitator BPBD ini juga menyampaikan kepada masyarakat tetap waspada dan jaga kesehatan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

M. Iqbal Farizi Kepala Pewakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumatera Utara berharap semoga masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung tetap dalam lindungan Allah dan bersabar atas segala cobaan yang diberikan Allah.

"Alhamdulillah sembako dan obat obatan yang diberikan oleh IZI Sumut semoga bisa meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari dan jauh dari penyakit," ujarnya.

Insya Allah IZI akan terus pantau perkembangan dan menyiapkan kebutuhan lainnya untuk menunjang kebutuhan yang diperlukan masyarakat setempat kedepannya.
Masyarakat juga harus mematuhi himbauan pemerintah untuk menjaga keselamatan.

"Kami juga tidak pernah bosan bosannya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berbuat kebaikan membantu saudara kita yang terdampak erupsi Gubung Sinabung," tuturnya.

Dengan bergotong royong ber- Zakat, Infaq dan Sedekah semoga dengan kita berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan Allah berikan kelapangan rezky dan llah mudahkan segala urusan dunia dan akhirat.

*(Friskal/IZI Sumut)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar