Layanan Kesehatan IZI Sumut untuk Afifah Hafidzah Cilik Pengidap Kanker Batang Otak - Harian Amanah Medan

Breaking

Rabu, 26 Agustus 2020

Layanan Kesehatan IZI Sumut untuk Afifah Hafidzah Cilik Pengidap Kanker Batang Otak


Medan (IZI Sumut) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sumatera Utara dengan berbagai macam programnya terus memberikan pelayanan untuk memudahkan beban msyarakat terutama masyarakat dhuafa.

Kali ini santunan layanan mustahik program kesehatan di berikan kepada Adik Afifah Nuha (15) seorang hafidzah cilik yang mengidap kanker di bagian batang otak. Penyaluran langsung di berikan di kediamannya bersama juga kedua orang tuanya yang beralamat di Dusun III Jln Mesjid Gg Mawar, Kec.Sunggal, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu,(19/08/20).


Afifah Nuha adalah sosok yang ceria. Ia juga Hafidzah Qur'an dan anak yang pandai di kelasnya. Orangtua Afifah yang bekerja sebagai buruh pabrik busa dan Guru MTS sudah berusaha membawa Afifah berobat sampai harus menjual cincin pernikahan mereka.

Kelumpuhan yang dialaminya mengharuskan ia melakukan operasi selang nasogastrik (makan). Kini ia hanya bisa terbaring di tempat tidur setelah pulang dari rutinitas hariannya menjalani perawatan Radioterapi di RS Murni Teguh Medan sebagai upaya mengecilkan tumor yang dideritanya.


Saat ini ia dan keluarganya hanya tinggal dirumah kontrakan yang sangat sederhana. akhir mei lalu ia masih sempat mengikuti ujian kenaikan kelasnya. Namun di bulan juni kesehatan Afifah menurun, ia mulai kehilangan keseimbangan, sering muntah dan pandangannya mulai kabur, makan pun ia harus melalui selang.

Di akhir Juli Kondisi Afifah semakin memburuk ia mulai kesusahan untuk bernafas, bahkan ia sulit untuk berbicara. Afifahpun di diagnosa tumor ganas di batang otak atau bahasa medisnya "lock in syndrome due to SOL brainstem (diffuse intrinsic pontine glioma). Dimana batang otak adalah pusat nafas dan pusat kesadaran.

Tumornya harus diangkat dan diikuti terapi sinar dan kemo (debulking tumor diikuti radio kemoterapi). Tapi dikarenakan kondisi lemah dan perjalanan penyakit sangat cepat ditambah dengan semua Rumah Sakit di saat wabah dalam keadaan prioritas "Siaga covid" jadi pihak Rumah Sakit memutuskan agar Afifah dilakukan radiokemoterapi tanpa dilakukan biopsi tumor.

Afifah Nuha dan orang tuanya sangat berharap bisa sembuh dari Kanker batang otaknya, dan di balik pahitnya ujian yang menimpa orang tua afifah selalu bersyukur selalu di berikan kemudahan terlebih mengucapkan banyak terima kasih kepada tim IZI yang sudah datang memberikan santuan sekaligus support semangat untuk adik afifah yang berjuang melawan kankernya.

"Saya selalu ibu Afifah berterima kasih banyak kepada IZI yang datang mau membantu meringankan biaya pengobatan anak kami. Kami sekeluarga merasa sangat terbantu dan semoga bantuan ini, harapannya afifah bisa sembuh dan kembali tersenyum ceria untuk melanjutkan cita-citanya menjadi seorang hafidzah qur'an yang bermanfaat untuk orang banyak," ucap lirih Afriyana (ibunda afifah).
(Windi/IZI/Sumut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar