Resesi, Apa yang Perlu Dilakukan? Ini Tips dari Ketua Gelora Makassar - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 06 Agustus 2020

Resesi, Apa yang Perlu Dilakukan? Ini Tips dari Ketua Gelora Makassar

Medan- Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kota Makassar, EZ Muttaqien Yunus yang kerap disapa Kang Aking punya tips apa yang perlu dilakukan dalam menghadapi resesi Ekonomi. Tips ini dibagikannya melalui akun instagramnya @kang_aking. Berikut tipsnya.

1. KEEP CALM
Kita telah melalui beberapa kondisi krisis ekonomi pada tahun 1998, tahun 2008, sebagian dari kita juga terdampak di masa pandemi ini. Tapi kita mampu melaluinya, jadi jangan langsung panik, berpikir tenang dan strategis untuk dapat menemukan solusinya. Kalau hati dan pikiran kita tenang, akan lebih mudah menemukan solusi dan keluar dari permasalahan. Perbanyak doa dan ibadah karena dalam kondisi apapun, ada Allah yang membersamai dan Allah lah yang mengatur setiap rezeki kita.

2. LUNASI HUTANG
Segera lunasi hutang, terutama yang memiliki bunga tinggi. Pilah pilih mana yang perlu segera dilunasi, tapi jangan habiskan dana cash Anda untuk membayar semua utang. Anda juga bisa melakukan restrukturisasi kredit, dengan meminta penurunan suku bunga kredit, perpanjangan waktu pembayaran, pengurangan tunggakan atau konversi kredit.

3. CASH IS THE KING
Atur pola pengeluaran keuangan Anda, jangan terlalu boros. Terapkan prinsip 1-2-3-4. Ketika mendapatkan gaji atau pemasukan atur sedemikian rupa di awal, 40% untuk biaya hidup, 30% untuk pembayaran hutang dan dana darurat, 20% untuk sedekah, 10% untuk investasi.

4. MULAI BERUSAHA
Saya pribadi meyakini, pintu rezeki terbesar itu dari perdagangan atau usaha. Mulailah untuk berjualan, tidak perlu memulai dengan modal besar, bahkan bisa dengan modal nol rupiah. (Silahkan baca tulisan saya sebelumnya).

5. KOLABORASI
Menghadapi sebuah permasalahan sendirian tentu akan sangat terasa berat, tetapi jika kita mampu berkolaborasi dan bekerjasama semua akan terasa lebih ringan. Mulai kolaborasi bisnis dengan teman dan pengusaha lain. Menjalin silaturahim kan merupakan salah satu pintu rejeki juga.

6. SEDEKAH
Hal tersulit bagi sebagian orang adalah berbagi di saat sedang tak punya atau kekurangan. Tetapi upayakan setiap hari untuk tetap bersedekah dalam kondisi apapun, bisa dalam bentuk dana, ilmu, tulisan, karya atau bahkan senyuman. Karena sedekah akan menjadi "pemancing" bagi rejeki yang lebih besar, insyaallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar