Semangat Peserta Menjahit Batch VI Program JNE-IZI - Harian Amanah Medan

Breaking

Rabu, 26 Agustus 2020

Semangat Peserta Menjahit Batch VI Program JNE-IZI



Medan - IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) bekerjasama dengan JNE terus berupaya dalam meningkatkan skill bagi masyarakat melalui program kursus jahit gratis. JNE-IZI memberikan kesempatan bagi masyarakat luas dalam mengembangkan kemampuan atau sekedar belajar menjahit dari awal.

Program ini telah dilaksanakan sejak 2 tahun terakhir dan kini telah sampai pada batch 6 (gelombang 6) dari awal program dijalankan. kegiatan ini dilakukan dirumah pelatihan dan keterampilan JNE-IZI, yang beralamat di Jalan Setia Indah, Sunggal Kanan, Deli Serdang, Sumatera Utara.


Pada kelompok jahit batch 6 kali ini terdiri dari 8 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai ibu rumah tangga hingga mahasiswa yang memiliki keinginan tinggi dalam menjahit. Perkembangan pembelajaran menjahit dimulai dengan mengenalkan peserta pada mesin jahit dan mesin obras (jahit pinggir), kemudian peserta diajarkan bagaimana membuat pola didalam buku, dan untuk selanjutnya diaplikasikan pada kain yang sebelumnya telah disediakan oleh JNE-IZI.

 Untuk saat ini peserta telah rampung mempelajari baju tidur. pada pertemuan selanjutnya sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran menjahit yang akan dilanjutkan yaitu, pembuatan baju gamis dan mukenah. Para Ibu yang tergabung kedalam kelompok menjahit JNE-IZI sangat antusiasi, sehingga tidak jarang mereka membeli beberapa meter kain untuk dijadikan sebuah gaun atau blouse guna mengembangkan ilmu yang mereka dapatkan di pelatihan jahit menjahit ini.

 Seperti disampaikan oleh salah satu peserta yang menyampaikan antusiasnya. "Program seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama perempuan karena dapat membantu perempuan mengasah kemampuan yang dimiliki. Selain itu juga mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif cikal bakal usaha kedepannya” kata salah satu peserta yang sering dipanggil bunda Niyenn ini.

Kegiatan ini sendiri dibimbing oleh seseorang yang berpengalaman dibidang jahit-menjahit, telah banyak peserta yang puas dengan bimbingan yang diberikan oleh pengajar dikarenakan pembimbing yang humble, tidak kikir dalam mebagi ilmu dengan sabar. Tidak jarang para peserta sedikit rewel atau gelisah ketika terjadi kesalahan terhadap jahitan yang mereka buat, kemudian dengan sabar dan teliti pembimbing  memberi arahan serta membantu para peserta dalam pekerjaan yang sedang dilakukan. Seperti yang dijelaskan peserta mengenai pembimbing menjahit itu sendiri.

“Alhamdulillah,  bisa gabung di program ini tuh senang banget, apalagi dibimbing dengan sangat sabar, apalagi saya tipe yang ribet dan banyak tanya. Untung dapat pembimbing yang bener-bener luwes dan sabar banget. Apalagi cara beliau mengajar itu mudah dipahami, teoripraktek gampang dipelajari” terang Nuri sebagai peserta pada batch 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar