Sinabung Kembali Bergejolak, FOZ Sumut Kirim Bantuan Aksi Peduli Erupsi - Harian Amanah Medan

Breaking

Senin, 10 Agustus 2020

Sinabung Kembali Bergejolak, FOZ Sumut Kirim Bantuan Aksi Peduli Erupsi





FOZ_News || Medan (11/8). Di tengah pandemi covid, masyarakat Sumatera Utara dikejutkan dengan erupsi Gunung Sinabung. Gunung yang berada di wilayah Kabupaten Karo ini,  setelah sekian lama beristirahat, kembali mengalami erupsi pada Ahad (9/8). Letusan diiringi dengan bubungan abu vulkanik, dengan ketinggian kolom hingga 2000 meter diatas puncak.

Dari informasi terbaru, pada (10/8) Gunung Sinabung mengalami peningkatan erupsi dengan ketinggian debu hingga 7000 meter.

Menanggapi bencana ini, Ketua Forum Zakat (FOZ) Sumut, Munawar, segera berkoordinasi bersama pengurus dan anggota FOZ untuk segera merencanakan aksi peduli Sinabung dengan berbagai lembaga yang bernaung di bawahnya.

Akhirnya, diputuskan untuk melakukan aksi kolaborasi berbagai lembaga, yang mengusung tema "Aksi Peduli  Sinabung". Direncanakan, tim yang dipimpin Dasep (Rumah Yatim) dan Malik (BSMI), akan bergerak ke beberapa lokasi yang terdampak langsung. Tim akan berangkat pada Selasa (11/8). Sebelumnya, FOZ Sumut telah menurunkan tim pendahulu, guna melakukan pendataan awal.

Sekretaris FOZ Sumut Iqbal Farizi menjelaskan, untuk hari ini puluhan relawan yang diberangkatkan menuju lokasi bencana, berasal dari 13 lembaga, yaitu Ulil Albab, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), BSMI, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Global Zakat, Abdurrahman Bin Auf (ABA), Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Yakesma Sumut, DT Peduli, PPPA Daarul Qur'an, Nurul Hayat (NH) Zakat Kita, Dompet Duafa (DD) Waspada, HI.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah Pemkab Karo dan BPBD Kab. Karo agar teknis dilapangan berjalan dengan baik", ujar Iqbal menambahkan.

Selain membawa berbagai bantuan masker, makanan, minuman, dan obat-obatan, tim juga diperkuat dengan belasan tenaga dokter,  perawat dan beberapa unit ambulance.

"Semoga aksi ini meringankan beban warga terdampak di wilayah sekitar Gunung Sinabung. Dan setelah ini kita akan berkoordasi kembali untuk melakukan aksi tahapan selanjutnya", pungkas Munawar di akhir pernyataannya.

(Fauziah/FOZ-Sumut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar