Direktur PRODEWA SUMUT Meminta Pendaftaran Paslon Tak Bawa Iring-iringan massa Pendukung Ke KPU - Harian Amanah Medan

Breaking

Kamis, 03 September 2020

Direktur PRODEWA SUMUT Meminta Pendaftaran Paslon Tak Bawa Iring-iringan massa Pendukung Ke KPU



Oleh : Wira Putra

Tahapan demi tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak sudah berjalan dan memasuki tahap pendaftaran. KPU di masing-masing daerah sudah mengumumkan jadwal pendaftaran pencalonan diri sebagai Calon Kepala Daerah kepada halayak luas.

Sebelumnya sudah melewati tahapan pendaftaran calon yang maju dari calon perseorangan alias independen. Dan kini sudah masuk pada tahapan pendaftaran calon Kepala Daerah yang mendapatkan rekomendasi dari partai untuk berkompetisi pada Pilkada Serentak dengan mininal mengantongi 20% dari jumlah kursi di DPRD.

Namun ada yang berbeda dari kondisi Pilkada saat ini, Pilkada harus terselenggara diatas maraknya wabah virus Covid-19 yang tidak hanya dapat melumpuhkan sektor kesehatan, namun juga dapat menyerang sektor perekonomian diseluruh negara di dunia.

Penyelenggaraan Pilkada ditengah-tengah pandemi ini sebaiknya memang harus benar-benar memperhatikan aspek kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan agar penularan virus Covid-19 dapat teratasi.

Wira Putra, Direktur Progresif Democration Watch (PRODEWA) Sumatera Utara menghimbau kepada seluruh lembaga yang terlibat dalam proses Pilkada ini untuk benar-benar memperhatikan Protokol Kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.

"Proses PILKADA kali ini memang berbeda, petugas pilkada memang harus bisa bertindak tegas agar proses Pilkada ini tidak menambah klaster baru penyebaran virus Covid-19 di Indonesia" ujar Wira

KPU maupun BAWASLU disetiap daerah harus mampu berkoordinasi yang baik dengan pihak kesehatan dan gugus tugas Covid-19 agar himbauan teknis untuk menerapkan protokol kesehatan dituangkan kedalam bentuk aturan yang harus di terapkan oleh calon kepala daerah yang akan berkompetisi.

Dan Demisioner Presiden Mahasiswa USU 2018 itu juga menghimbau pada saat pendaftaran calon ke KPU setiap Pasangan Calon Kepala Daerah tidak membawa massa yang banyak.

"Saat ini akan masuk tahap pendaftaran calon Kepala Daerah. Harusnya KPU dan BAWASLU menghimbau agar para Paslon yang ingin mendaftar tidak membawa Iring-iringan massa dalam jumlah yang besar sebagai wujud komitmen dalam memerangi Covid-19 dan mensukseskan Pilkada serentak di tengah Pandemi", tutur wira

Direktur Prodewa Sumut tersebut melanjutkan, iya menantang bagi siapa calon Kepala Daerah yang berani datang ke KPU mendaftarkan dirinya hanya berdua saja, maka akan ada apresiasi yang diberikan kepada paslon tersebut.

"Saya menantang siapapun calon kepala daerah yang berani datang ke KPU mendaftarkan diri nya sebagai Bupati dan Wakil Bupati hanya berdua saja, sebagai wujud komitmen pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara, saya melalui Prodewa Sumatera Utara akan berikan apresiasi kepada Pasangan Calon tersebut", tutup wira dengan lantang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar