IZI Salurkan Qurban Abon ke Daerah Minoritas Muslim Sinabung - Harian Amanah Medan

Breaking

Selasa, 01 September 2020

IZI Salurkan Qurban Abon ke Daerah Minoritas Muslim Sinabung



KARO–(IZI Sumut) Bertepatan pada 10 Muharram 1442 H, Tim Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sumatera Utara menyalurkan qurban olahan dalam bentuk abon untuk ratusan warga  Kabupaten Karo, Kecamatan Naman Teran, Sumatera Utara yang merupakan wilayah terdampak dari erupsi gunung Sinabung,Sabtu (29/08/20).

Sebanyak 192 paket abon IZI dari Kota Medan di siapkan untuk segera di salurkan kepada para Dhuafa dan fakir miskin di dua titik lokasi terdampak erupsi Sinabung tepatnya di Desa Ndeskati dan Desa Cinta Rakyat.

Sekitar 3 jam 20 menit dengan jarak tempuh 85 km perjalanan Tim IZI dari kota Medan menuju Kabupaten Karo, dengan sigap menerjang hingga melewati daerah rawan  erupsi gunung Sinabung demi menyampaikan amanah donatur.

Sesampainya di Desa tersebut, Tim IZI di sambut dengan bahagia penuh haru oleh warga sekitar yang telah menanti. Di dampingi oleh perangkat desa penyaluran berlangsung door to door dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ada 90 kepala keluarga (KK) warga Desa Ndeskati dan 102 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Cinta Rakyat yang diberikan paket abon IZI.


Selain itu, tidak hanya pembagian paket abon, IZI Sumut juga memberikan aksi penyaluran air bersih. Aksi ini di laksanakan karena warga yang ada di desa tersebut kekurangan air bersih akibat erupsi Gunung Sinabung beberapa hari terakhir.

Mata air yang biasa menjadi asupan bersih di desa tersebut, kini airnya keruh dikarenakan tertutup debu vulkanik Sinabung.

"Sudah beberapa hari terakhir sejak erupsi Sinabung warga kami kekurangan air bersih. Adapun air yang datang dari mata air yang warnanya keruh dan debitnya sangat kecil. Namun, Alhamdulillah Tim IZI hadir dengan cepat memberikan air bersih dan bantuan pangan untuk kami paket abon yang bergizi. Sekali lagi terima kasih banyak Tim IZI dan donatur, semoga selalu berkah menjadi amal jariyah" Ujar Rahman selaku tokoh masyarakat.

Wadaria boru ginting (32), penerima di Desa Ndeskati, seorang yang berprofesi sebagai guru ngaji. Sangat bahagia atas diberikan Qurban untuknya. "Terima kasih atas bantuan yg diberikan IZI kepada kami ummat islam Desa Ndeskati dan Desa tetangga di Cinta Rakyat Kec Naman Teran Kab. Karo. Semoga Allah balas kebaikan dunia dan akhirat," jelasnya.

Penyaluran paket abon kepada warga di desa ini merupakan program IZI nasional yang bertema "Abon Kita, Qurban IZI" ini diluncurkan IZI untuk memudahkan para pekurban (mudhohy) dalam melaksanakan ibadah kurban yang akan disalurkan kepada warga terdampak COVID-19 sekaligus melaksanakan aksi pembagian air bersih untuk warga terdampak erupsi gunung Sinabung.

“Terimakasih banyak  atas jamuan dan kerjasama nya. Semoga Abon nya membawa manfaat bagi Warga Desa ini, doakan kami untuk bisa terus istiqomah dan bisa memudahkan dhuafa lainnya. Kami pamit untuk pulang ke Medan.” Kata M. Iqbal Farizi selaku Kepala Perwakilan IZI Sumut sambil Berpamitan dengan perangkat desa.
(Windi/IZI/Sumut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar